5 Hal yang Harus Dipersiapkan Agar Cepat Berangkat Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 21 Oktober 2024, 14:46:26

Bagi seorang muslim, menunaikan ibadah umrah merupakan harapan yang selalu ada dalam pikiran. Mengingat sekarang ini untuk melakukan haji memerlukan biaya yang tidak murah dan waktu menunggu yang semakin panjang, ibadah umrah menjadi pengganti untuk mereka yang sudah memimpikan ingin pergi ke Baitullah.

Namun, keinginan saja tidak akan jadi kenyataan jika Anda tidak mulai memantaskan diri untuk pergi beribadah umrah. Terutama soal finansial. Jika tidak ada tujuan yang jelas kapan Anda akan berangkat ibadah umroh, Anda tidak akan pernah mempersiapkan tabungan khusus untuk ibadah umrah. Lalu, bagaimana cara agar segera berangkat ibadah umrah jika impian Anda sudah tidak tertahan? Tenang, kami akan memberikan tipsnya buat Anda. Berikut tipsnya!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Berniat yang Kuat

Apabila Anda ingin cepat melaksanakan ibadah umrah, pasanglah niat yang kuat supaya Anda bisa segera berangkat ke Baitullah. Banyak orang muslim yang secara keuangan cukup mampu melakukan ibadah umrah, tapi mereka tidak berniat untuk ibadah, lho!

Mungkin karena dari sisi keagamaannya kurang mendapat input tentang pentingnya ibadah umrah, atau memang mereka memilih untuk mengejar hal-hal duniawi contohnya memiliki rumah impian, mobil mewah, baju, perabotan, menekuni hobi, travelling dan lain-lain.

Maka, Anda termasuk kategori orang yang beruntung saat Anda memiliki niatan untuk umrah. Bahkan, Anda belum memiliki tabungan berlebih untuk umrah, tapi karena kekuatan niat, bukan tak mungkin Anda dapat berangkat ibadah umrah duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak berniat umrah. Jadi, niat yang kuat adalah modal untuk Anda dapat untuk menggapai cita-cita Anda berangkat umroh dengan cepat. Yakini sepenuh hati bahwa Anda LAYAK untuk ibadah umrah, atas seizin Allah.

2)  Cari Info Selengkapnya Tentang Ibadah Umrah

Langkah kedua yang dapat Anda coba untuk bisa segera menunaikan ibadah umroh adalah dengan mempelajari tentang apa itu umrah. Mulai dari rukun, apa saja doanya, yang harus disiapkan, manasiknya, dan semua hal terkait dengan umrah. Kemudian, yang tak kalah pentingnya adalah Anda harus mencari tahu tentang biro jasa travel umrah yang amanah untuk memberangkatkan Anda ke Baitullah. Anda dapat mencarinya sendiri lewat online, membandingkannya dengan beberapa travel umrah lain, atau bisa juga meminta pertimbangan keluarga dan teman yang sudah pernah melaksanakan umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga bisa menggali info terkait ibadah umrah dengan cara bertukar pendapat dengan sahabat, pihak keluarga atau konsultasi dengan ustadz yang Anda percaya. Semakin Anda menggali informasi tentang umrah, maka Anda telah memancarkan getaran yang kuat ke alam semesta bahwa Anda siap menerima undangan ke tanah suci dari Allah SWT. Ini juga usaha supaya bisa mempercepat sampai ke tujuan lho!

3) Siapkan Dana Tabungan Khusus Umrah

Buat Anda yang belum memiliki dana khusus untuk berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa memulai menabung untuk ongkos umrah mulai saat ini juga. Yang perlu Anda lakukan adalah membuka tabungan umrah dan ikhtiar untuk teratur menabung. Tentukan kapan kapan Anda umrah. Anda harus menentukan target kapan Anda akan berangkat umrah, agar ada motivasi untuk memenuhi target tersebut.

Misal, Anda berkeinginan untuk berangkat ibadah umrah 3 tahun yang akan datang. Biaya umrah dan lain-lainnya kurang lebih 30-35 juta rupiah. Maka, dengan penghasilan misalnya 3 juta per bulan, Anda harus menganggarkan kurang lebih 1 juta setiap bulan untuk bisa berangkat ibadah umrah. Kurun waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan punya dana sejumlah 36 juta rupiah. Cukup realistis, bukan? Anda dapat sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda masing-masing. Jika ingin lebih cepat lagi, Anda dapat menggunakan dana talangan umrah dari pihak bank atau lembaga keuangan sejenis.

4) Minta Doa Restu Orang Tua

Ini adalah ikhtiar langit yang bisa Anda coba sebagai jalan pintas berangkat umrah. Sudah cukup banyak yang membuktikan metode ini, dengan ridho dari ibu dan bapak atau mertua, keinginan untuk berangkat umroh akan lebih mudah terealisasi. Tentu Anda ingat, kalau ridho Allah juga terletak pada ridho orangtua?

Beritahukan keseriusan jika Anda ingin melaksanakan ibadah umrah, bahagiakan kedua orang tua Anda, buat hati keduanya bahagia dan mereka pun akan dengan senang hati mendoakan Anda agar bisa melaksanakan ibadah umrah.

5) Cerdas Memilih Paket Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara melaksanakan umrah hemat saat ini banyak caranya. Ada yang menempuh melalui cara umrah backpacker, ada pula yang memilih mengikuti paket umrah di waktu off peak season supaya mendapat potongan harga yang lumayan. Selain itu, memesan paket umrah secara rombongan juga bisa dijajal untuk mendapatkan diskon dari biro umrah, sehingga umrah Anda jadi lebih hemat biaya tanpa mengesampingkan kualitas pelayanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id