10 Persiapan Agar Umrah Anda Berjalan Lancar

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 21 Oktober 2024, 14:46:26

Bagi Anda yang baru pertama akan melaksanakan umrah, Anda pasti bingung apa saja hal yang wajib Anda lakukan sebelum ibadah umrah. Mulai dari dokumen, pendaftaran, barang-barang, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, karena apabila ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda bisa jadi tidak bisa khusyu’ beribadah umrah di Baitullah.

Nah, sebagai visualisasi apa yang wajib Anda siapkan sebelum umrah, Anda bisa mengikuti artikel berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus diketahui adalah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yaitu rukun-rukunnya membutuhkan kebugaran jasmani yang prima. Maka dari itu, jamaah umrah yang hendak berangkat umrah setidaknya wajib ada persiapan satu bulan sebelumnya agar dapat menyiapkan jasmani yang kuat supaya ibadah umrahnya lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda dapat menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta mengkonsumsi makanan tambahan seperti madu, vitamin, dan lainnya. Anda juga bisa mulai rutin berolahraga, seperti lari pagi, senam, atau olahraga lainnya. Dengan bekal fisik yang kuat akan menunjang kelancaran Anda dalam beribadah umrah di tanah suci.

Persiapan Ruhani

Selain fisik yang bugar, Anda juga harus menyiapkan ruhani Anda agar dapat benar-benar tenang dalam melakukan ibadah umrah. Ibadah umrah memerlukan niat yang tulus ibadah karena Allah SWT, serta keikhlasan dari hati. Karena bagi seorang muslim yang melaksanakan umroh berarti harus mengesampingkan pekerjaan dan keluarga untuk beberapa waktu. Selain hal tersebut, Anda juga harus mengeluarkan sejumlah biaya yang wajib dibayarkan lewat biro travel umrah yang Anda gunakan.

Persiapan Kelengkapan Data

Kelengkapan data yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan umrah diantaranya KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat yang digunakan, bukti tanda terima booking penginapan, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang Bawaan

Nah, ini adalah persiapan yang harus dicermati. Ada Baiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper untuk membawa barang yang Anda bawa. sebuah koper berukuran besar, satu tas jinjing, dan sebuah tas kecil. Masing-masing bisa dipenuhi dengan barang bawaan sesuai keperluan. Misal untuk pakaian masuk koper, tas jinjing untuk memuat alat-alat mandi, obat-obatan dan dokumen, sedangkan tas berukuran kecil untuk membawa , kertas tisu, lotion, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini seringkali terlewat, padahal semestinya hal ini adalah langkah yang cukup penting untuk dilakukan. Sama pentingnya saat kita hendak menjalani suatu ibadah, kita wajib tau syarat sahnya, rukun-rukunnya, urutannya agar tertib, apa saja aturannya, dan doa yang harus diucapkan. Anda bisa mencari referensinya yaitu dengan membaca buku umrah, browsing tentang umrah, dan sharing dengan orang yang sudah melaksanakan ibadah umrah.

Memilih Biro Travel Umroh Terpercaya

Sebaiknya, Anda memilih biro travel umrah yang bonafid. Anda bisa memastikannya dengan cara melihat testimoni pengguna jasa yang telah diberangkatkan, juga mengamati profil serta riwayat biro travel umroh tersebut. Apabila travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi untuk umrah sehingga layanan mereka dapat Anda cermati melalui daring, misalnya dengan mengakses web, mendapat pemberitahuan surat elektronik dan pesan singkat untuk kelanjutan pendaftaran Anda, dan sebagainya.

Menyiapkan Obat-obatan Pribadi

Jika Anda mempunyai riwayat terkait kesehatan yang kurang baik, memiliki alergi tertentu, dan memerlukan konsumsi obat-obatan khusus, Anda butuh membawa obat-obatan pribadi yang harus Anda sertakan saat pelaksanaan umrah. Selain obat khusus, obat-obatan yang umum misalnya P3K dan minyak urut, juga bisa Anda siapkan secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Spesifik Wanita/Pria

Barang-barang spesifik perempuan banyak ragamnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, jilbab, jarum pentul, dalaman hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa kain ganti dan juga baju cadangan ihram yang dibutuhkan. 

Menyiapkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Ibadah Umrah

Saat umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda minta. Ada pula titipan doa dari saudara dan juga sahabat. Agar tidak lupa, siapkan kertas khusus doa, supaya Anda tidak lupa dan tidak blank saat memanjatkan doa di tempat-tempat mustajab.

Persiapan Suplemen Tambahan untuk Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat stamina saat beribadah umrah. Anda bisa memasukkannya dalam daftar barang bawaan, masukkan di tas kecil sehingga Anda bisa mengkonsumsinya sewaktu-waktu.

Nah, itu tadi 10 hal yang harus Anda persiapkan sebelum umrah. Konsultasikan dengan biro travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang perlu dan tidak perlu disiapkan. Semoga membantu!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id